Senin, 13 Desember 2010

BLOG bagi PR

public relations (PR) dalam tugasnya adalah dapat memberikan citra yang baik dalam perusahaan maupun organisasi. dalam tugasnya itu, PR tidak bisa lepas dari media. apalagi di zaman era teknologi sekarang ini,semuanya menggunakan media dan teknologi. 
salah satu media sekarang banyak di gunakan adalah media internet dan dunia maya. salah satu tempat di dunia maya yang sangat populer adalah blog. dimana, di blog kita bisa menuliskan semua info-info yang berguna untuk meningkatkan citra suatu perusahaan atau organisasi. dalam blog juga terdapat program-program yang dapat membuat tampilan blog itu menjadi lebih menarik.disinilah juga tempat untuk seorang PR dapat menuangkan ide-ide kreatifnya. 
dunia blog dapat di lihat oleh siapa saja. bahkan dapat di cari melalui google. sehingga masyarakat dapat dengan mudah mencari info tentang perusahaan kita.bagi seorang PR dunia internet/dunia maya dan khususnya blog sangat penting. 
selain itu Blog mempunyai berbagai kelebihan antaralain  sebagai alat penelitian, framing pesan dan sebagai alat persuasi. Dalam Penelitian Public Relations blog mempunyai  keunggulan sebagai pengumpul informasi serta alat pengamat lingkungan, oleh karenanya penelitian mengenai blog menjadi hal yang penting  untuk mulai di lakukan.
Menggunakan blog untuk penelitian, pengamatan lingkungan, dan managemen isu
Untuk membuat pesan yang efektif, Public relation profesional sering memerlukan  pemahaman yang baik mengenai isu-isu  dan public tertentu. Dalam pelaksanaanya, banyak penelitian pada managemen isu mengeyampingkan betapa pentingnya identifikasi dan analisis (Jones & Chase, 1979, pp. 11-12; Coombs, 1999), memahami status atau kondisi masalah (Crable & Vibbert, 1985, pp. 5-7), memahami bahasa yang berhubungan dengan isu (Bostdorff, 1992; Boulding, 1977), mengatur krisis dan isu (Coombs, 1999, dan bagaimana pentingnya menjadi proaktif (Bridges, 2000, pp. 96-98).
Blog berguna untuk penelitian, pengawasan isu, dan pengamatan lingkungan. Ketika isu tidak terantisipasi, menyangkut hukum, atau bahkan darurat, organisasi bisa mencari melalui informasi yang terdapat pada arsip blog mengenai informasi tentang sentimen pembaca, links terhadap informasi lain yang berguna dll, melakukan wawancara, atau mencari arsip lain dan database informasi (cf., Kent, 2005). Blog juga menampilkan dirinya sebagai site pengumpul data yang sempurna  ketika organisasi berhubungan dengan etnik , budaya, kelompok sosial yang kurang dikenal atau public yang baru pertama dikenal sebagai bagian dari program kampanye, kegiatan aktifis, atau upaya komunikasi internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar